Adakan Kelas Menulis; Kiat Sukses Menulis Opini

Doc/PMII STIUDA

Mahasiswa yang tergabung dalam pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat STIU Darussalam (STIUDA) Bangkalan. Mengadakan kelas menulis; kiat sukses menulis opini, di gedung auditorium pon-pes darussholah, Pakong, Modung, Bangkalan. Pada hari Selasa (28/12/21) Pukul 09:00 Wib.

Acara kajian yang dikemas dalam kelas menulis ini, Atas inisiatif dari biro pengembangan literasi PMII STIUDA Bangkalan. Sahabat Fathurrahman, Selaku bidang literasi Mengungkapkan bahwa Kajian (kelas menulis) ini untuk meningkatkan loyalitas anggota dan kader PMII STIUDA di bidang literasi.

"Kajian ini diadakan memang menjadi rutinitas komisariat PMII STIUDA satu bulan satu kali mengadakan kajian bersama, untuk meningkatkan potensi anggota dan kader PMII STIUDA", Ungkapnya.

Yang terpenting diadakannya kelas menulis ini, pengurus komisariat PMII STIUDA menghadirkan pendiri Komunitas pendekar literasi sahabat Abdullah Sahuri sebagai pemateri kali ini. Dia menyampaikan "tidak pernah kacau peradaban ini selagi santri masih bisa berkicau dengan tulisannya dan membaca" tuturnya.

Dedi Yusuf selaku ketua komisariat mengharapkan, lepas dari adanya kelas menulis ini kader dan anggota PMII STIUDA "bisa menyetorkan hasil karyanya sahabat sahabati sekalian" tuturnya, dalam salamnya yang melalui sekertarisnya sahabat samsuddin, sebelum acara berakhir.

Tentu dari adanya kelas menulis ini. Tujuannya Untuk meningkatkan potensi anggota dan kader PMII STIUDA di bidang literasi. Karena melihat gerakan literasi ini adalah salah satu gerakan nyata untuk PMII STIUDA lebih bergegas (bergerak dengan cerdas). Yang notabene nya masih menjadi santri aktif pondok pesantren, maka menulis ini harus dijadikan sarana gerakan kader PMII STIUDA.

Dalam kelas menulis ini jugak dibuka tanya jawab peserta dengan pemateri. Nurul imam sebagai kader PMI sangat senang dan bangga PMII STIUDA mengadakan acara-acara seperti ini acaranya sederhana namun bisa mendapatkan pengalaman, ilmu serta cara membuat karya tulis ilmiah,  khususnya tentang opini.

"Saya sangat Senang sekali dengan adanya forum kelas menulis ini, apa lagi tentang opini, tentu hal ini memberi suatu ilmu pengetahuan bagi saya", ungkapnya.

Nah, hal ini sesuai dengan sahabati muarrofah tidak kalah dengan sahabat Nurul imam tadi. Jugak mempertanyakan tentang perbedaannya opini dengan essai itu apa? Pada pemateri. 

Dengan sederhana mungkin pemateri menjawab "bahwa opini ini bukan essay, dan essay bukan opini, namun penanya penanya tidak butuh jawaban itu. Bahwan essay ini merupakan karya ilmiah yang membahas hal yang lama, sedangkan untuk opini ini membahas tentang permasalahan yang updated (aktual). Dengan adanya pembukaan masalah, masalah, dan solusinya.


Oleh : Hasani

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adakan Kelas Menulis; Kiat Sukses Menulis Opini" 1 Response to "Adakan Kelas Menulis; Kiat Sukses Menulis Opini"

Posting Komentar

Tag Terpopuler