KUNCI HIDUP YANG BAHAGIA

 


oleh : Sodikin

            Mungkinkah hidup ini berjalan sesuai dengan kenyataan? Apakah hidup menjadi bermakna? Ataukah  hidup ini seperti kehidupan babi saja?

            Kehidupan adalah suatu anugrah dari sang pencipta untuk bagaimana  menjadi seorang khalifah di bumi atau menjadi pemimpin terhadap dirinya sendiri atau juga bagi manusia yang lain. Lantaran kita seperti itu menjadi manusia ingin merasakan kebahagian di dunia dan akhirat, semua itu jelas,  memang hidup ini tidak berjalan  sendiri. Akan tetapi ada rumusan dan juga ada jalannya bagaimana manusia hidup dalam aturan dan ketertiban demi kenyamanan dirinya.

            Manusia hidup tidak lepas dari kegelisahan dan bahagia,  atau lika-liku dalam perjalanan hidupnya. Namun, ada cara bagaimana kesedihan tersebut bisa diobatin dengan adanya hal –hal yang menghibur. Marilah kita tanamkan rasa bersyukur dalam hidup ini dan jalanin sesuai siklus hidup manusia di dunia, serta, tidak mengeluh terhadap apa yang di alami didalam hidup tersebut. Namun, tidak segampang berbicara tentang bersyukur, bersyukur tentunya  harus ikhlas dan harus tulus karena ingin di balas dengan ridha-Nya sesuai apa yang di kehendakin-Nya.

            Sesabar apapun seseorang dalam ujian hidup pasti menggeluh, akan tetapi bukan menyalahkan sang pecinta, namun, lantas bagaimana rasanya kita bisa bersyukur, sebab dibalik itu semua ada hikmahnya dan itu semua yang tidak kita ketahui. Namun adanya ujian tersebut membantu diri ini bisa belajar untuk sabar dan iklas tentunya.

            Rumusan yang kedua, bagaimana hidup ini bisa disenangin oleh sang pencipta dan juga sesama hamba-Nya, namun untuk seperti itu marilah biasakan berbagi walaupun ini rasanya berat sekali, akan tetapi ini akan menjadikan hidup ini jauh lebih bermakna dan lebih berarti ketimbang hidup hanya sekedar hidup tanpa ada rasa simpatis terhadap sesama. Berbagi ini adalah jalan yang pas buat kita, kita hidup biar lebih terarah misalnya, namun di sisi lain, berbagi  juga bisa menambahkan kasih sayang kita terhadap sesama, apalagi sesama muslim.

            Manusia tidak lepas dari rasa jenuh dan bosan dalam perjalanan hidupnya, maka dari itu, bagaimana hidup kita ini, bisa dijalankan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan kita harapkan, tidak lepas dari itu semua, kebahagian dan kenyamanan dalam hidup pasti di prioritaskan dan bahkan lebih dari segala sesuatu yang memang akan lebih sempurna hidupnya apabila seseorang tersebut bersyukur dan berbagi terhadap sesamanya.

            Budayakan perbuatan-perbuatan baik yang sekiranya ini akan menambahkan diri kita lebih baik dan bermakna, apalagi dalam konteks yang kita bicarakan ini, yakni bersyukur dan saling memberi antar sesama. Dalam islam yang paling penting adalah bersyukur dan berbagi ketika kita ingin merasakan kebahagian dalam hidup, karena akan menjadikan kita tidak sombong terhadap sesama dan juga kita tidak akan merasa kekurangan nikmat dari sang Pencipta.

            Pada intinya dalam hidup ini jangan sampai banyak menggeluh dan putus asa dari nikmat Tuhan yang sudah banyak digunakan oleh kita semua, namun satu lagi jangan sampai ada rasa buruk terhadap sang maha segalanya, ini akan menjadikan kalian buta mata hatinya dari nikmat dan hidayahnya, mungkin itu saja terkait kunci kesuksesan dalam menjalani hidup yang penuh lika-liku ini. tetap jalanin hidup meski banyak ujiannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "KUNCI HIDUP YANG BAHAGIA "

  1. More than something, Bryan’s message high precision machining is to open the doorways to creativity and environment friendly manufacturing. Armed with this data, college students can unlock unique career opportunities in design and CNC expertise. ShopBot CNC tools are in academic amenities round the} world, everywhere from Fab Labs to woodshops, to theater programs and engineering departments.

    BalasHapus

Tag Terpopuler