ORIENTALIS, Sebagai Hikmah Untuk Belajar

 




Oleh : Sodikin

 

Orientalis (ketimuran) secara bahasa berarti orang-orang yang mengkajian tentang ketimuran. Jadi yang dimaksud dengan orientalis adalah suatu kajian yang membahas tentang timur. Secara geografis yang dimaksud timur di sini adalah belahan dunia yang berada pada bagian timur,  jika dari posisi kita kalau tidak salah, disebelah selatan. Menurut orang barat, yang dimaksud timur di sini adalah orang-orang yang  bahasanya  berbeda dengan bahasa orang-orang barat.

Dalam kajian orientalis, yang menjadi kajian penting yaitu tentang kebahasaan, yang meliputi bahasa Arab, India, Jawa, Persia dan bahasa lokal lain-nya yang berada di timur. Pertama kali yang dikaji oleh orientalis adalah dari aspek bahasa. Bahasa sangat berperan, karena ketika seseorang ingin mengkaji sesuatu tanpa tau bahasanya itu mustahil, oleh karena itu bahasa sangat urgen, makanya bahasa disini dipelajari terlebih dahulu sebelum mengkaji ilmu-ilmu lainya.

Dalam sejarah orang-orang timur setelah mencapai masa keemasannya, mereka tidak begitu mendalami kelimuannya, banyak orang timur yang kalah paham soal keilmuannya sendiri ketimbang orientalis. Makanya timur lebih tertinggal soal ilmu pengetahuan ketimbang barat karena ketidak telatenan orang timur terhadap ilmunya sendiri, sedangankan orang barat lebih telaten terhadap ilmunya sendiri bahkan lebih-lebih telaten terhadap ilmu yang berada diluarnya.

Dengan kita memiliki pengatahuan, itu bisa menjadi senjata untuk menakhlukan dunia, seperti halnya orientalis. Orientalis sering juga disebut polisi dunia, karena barat relatif menjadi penjajah, sedangkan timur identik dengan masyarakat relegius dan tradisional serta sedikt banyak manjadi negara jajahan.

Pengatahuan sangat erat kaitannya dengan pengalaman, maka dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa barat memang menjadi raja, karena barat lebih unggul dari segala bidang dari pada timur, sebab barat lebih menguasai tentang teknologi dan pengetahuan.

Tapi, perlu diakui bahwa tidak semua dampak dari orientalis itu negatif pada timur, tentunya ada dampak baiknya berupa Mu’jam al-Mufahraz karya A.J wensick, yang membantu adanya kelimuan dalam bidang hadis.

Jadi, pentinganya belajar dan mendapatkan pengetahuan menjadikan kita mempunyai bekal, bisa berupa wawasan, berupa senjata jika ingin memporak porandakan musuh, dan menjadi tameng dari musuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ORIENTALIS, Sebagai Hikmah Untuk Belajar" 1 Response to "ORIENTALIS, Sebagai Hikmah Untuk Belajar"

Posting Komentar

Tag Terpopuler