Sepakat Berbeda!

                                                                        Oleh : totihidyt

 

“Beda itu wajar, kalau menghina itu kuarang ajar...”!

Sering kali kita lakukan perbuatan menghina dan Saling menjatuhkan karena berbeda, biasanya ketika berbeda secara otomatis timbul sebuah emosional untuk saling ujuk siapa yang paling baik sesuai prosi masing-masing, akitbatnya timbulah sebuah cekcok diantaranya, dan ini tidak baik.  Hal yang perlu ditanamkan dalam kepala kita adalah pentingnya menghargai, baik berbeda atau sama harus tetap menghargai. Kita hidup di kemajemukan yang kompleks, banyak oknum, masyarakat, ras, suku, agama, juga kultur yang berbeda. Oleh karenya mengahargai itu diperlukan.

Sebenarnya perbedaan itu bisa disikapi dengan senyum, senyum yang membawa kehangantan dalam setiap perbedaan dan itulah indahnya perbedaan. Perbedaan seharusnya lebih dinikmati sebagai keasikan, karena berbeda itu rahmat. Sering juga disinggung dalam al-Quran, bahwa Tuhan menciptakan makhluknya berbeda-beda agar saling mengenal, mengenal akan manjadikan sebuah perasaan sayang, (“tak kenal maka tak sayang”) dan sayang itu salah satu sifat dari Tuhan. Maka, bisa ditarik kesimpulan, bahwa dengan perbedaan seharusnya dalam diri kita timbul rasa sayang  karena  adanya perbedaan, bukan malah sebaliknya saling mecaci dan membenci.

Mencintai dan menyayangi makhluk Tuhan itu adalah baik nilainya disisi Tuhan, karena mencintai dan mensyukuri ciptaan Tuhan juga sama halnya dengan mencintai Tuhan, katanya GusDur “Memuliakan manusia berarti memulikan penciptanya, menistakan manusia berarti juga merendahkan dan menista penciptanya”,  dan perbedaan termasuk juga ciptaan Tuhan loh.

Siapa yang anti perbedaan berarti hidupnya kurang nikmat dan kurang bersyukur, orang yang kurang bersukur itu ciri-ciri dari orang sombong dan orang sombong itu tidak disukai Tuhan dan siapapun. Tentunya agar tidak termasuk orang sombong dan ingin disukai Tuhan mestinya dari sekarang kita biasakan mengharagai perbedaan agar kita dicintai Tuhan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepakat Berbeda!" 1 Response to "Sepakat Berbeda!"

Posting Komentar

Tag Terpopuler