AKTUALISASI NILAI NILAI PANCASILA SEBAGAI KARAKTER PEMUDA

 

Doc: internet
(Oleh ianatussholihah Peserta PKD-IV PK PMII STIUDA)

Indonesia merupakan Negara kesatuan republik Indonesia yang di dalamnya terdapat Pancasila sebagai dasar pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini perlu kiranya di pahami dan di sadari oleh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda agar terciptanya suatu bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.

Oleh karenanya pancasila juga dipahami sebagai dasar negara tentu memiliki fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, untuk kemudian di junjung tinggi dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bermasyarakat maupun bernegara.

Sebagaimana diketahui nilai nilai Pancasila adalah yang terkandung dalam Pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai Pancasila inilah merupakan dasar dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Salah satu fungsi Pancasila dalam sila kedua adalah "kemanusiaan yang adil dan beradab" dan disila ke tiga ialah tentang persatuan, hal ini dipahami sebagai suatu kesadaran sikap moral dan bertingkah laku yang didasarkan pada potensi nurani manusia dalam berbangsa untuk tetap menjunjung tinggi rasa persatuannya, meskipun Indonesia berbeda beda suku, ras, dan budaya. 

Dengan adanya nilai sila kedua dan ketiga ini kita dapat memilah dan memilah mana yang baik untuk dikonsumsi sebagai bekal pengetahuan kita dalam berbangsa. Tentu dengan sekian banyaknya perbedaan yang beragam perlu kiranya kita sebagai kaum generasi muda penerus bangsa sangat penting untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut di kehidupan sehari-hari terutama dalam bertindak. 

Pun juga nilai pancasila mengajarkan kita agar selalu bersikap terbuka akan perbedaan yang ada di Indonesia, toleransi, mengajarkan bagaimana menyelesaikan suatu masalah tanpa masalah yaitu dengan bermusyawarah yang baik, serta menjaga rasa humanisme antar sesama, dan mengajarkan hidup damai, nyaman dan Santoso.

Namun sejauh ini penulis dalam mengamati Era yang semakin dewasa ini, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila malah semakin pudar dan melemah dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun ada hanya benerapa orang saja yang masih menerapkannya. Para masyarakat khususnya generasi muda seperti pelajar, mahasiswa tidak begitu total dalam menyebarkan nilai nilai pancasila sebagai dasa bernegara.

Salah satu faktornya adalah kemajuan era globalisasi yang didentik dengan kemajuan teknologi modern yang semakin pesat dan cepat penyebarannya. Sehingga berdampak pada karakter generasi muda dan lapisan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Hal ini perlu untuk menerapkan pendidikan karakter pancasila pada generasi muda saat ini sebagai bekal jati dirinya dalam menjaga keutuhan NKRI dengan Pancasila. Pendidikan karakter pancasila perlu di tancapkan dalam dada generasi muda agar di implementasikan oleh generasi muda dalam kehidupan sehari-harinya.

Kiranya ini perlu untuk di mulainya dari lembaga pendidikan seperti, TK, MI, STs/MTS, MA/SMK yang ada. Tentu ini akan menjadi bekal yang biak bagi generasi muda sekarang dan yang akan datang.

Oleh karena itu Pendidikan pancasila sangat dibutuhkan bagi generasi sekarang ini adalah pemupukan karakter terhadap generasi muda dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Karena merekalah yang akan menjadi penerus dan pewaris seluruh kekayaan bangsa Indonesia.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AKTUALISASI NILAI NILAI PANCASILA SEBAGAI KARAKTER PEMUDA" 1 Response to "AKTUALISASI NILAI NILAI PANCASILA SEBAGAI KARAKTER PEMUDA"

Posting Komentar

Tag Terpopuler