PC PMII BANGKALAN, DEMO DISDIK DAN CABDIN TERKAIT TRANSPARANSI PPDB DI KABUPATEN BANGKALAN

 

Masa aksi demonstrasi PC PMII kabupaten Bangkalan.

SahabatLiterasi.com-Bangkalan_Mahasiswa yang tergabung dalam pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bangkalan, Melakukan demonstrasi pada kamis, (20/07/23).

Puluhan mahasiswa ini mendatangi dua kantor sekaligus, dinas pendidikan kabupaten Bangkalan dan cabang dinas pendidikan kabupaten Bangkalan.

Tujuan dari aksi ini, menuntut adanya transparansi terkait PPDB tentang atribut sekolah yang dijual dengan harga tidak wajar.

Aksi dimulai sekitar pukul 10.25 WIB, peserta aksi berkumpul di stadion gelora Bangkalan sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya, sembari berorasi menuju kantor dinas pendidikan sebagai titik aksi pertama.

Ketua PC PMII Bangkalan, Syamsul Hadi, menyampaikan dalam orasinya, ini bentuk keperdulian PMII Bangkalan terhadap pendidikan di Bangkalan setelah PC PMII Bangkalan mengadakan dialog segitiga emas pada, 20 juni 2023 di aula MAN Bangkalan dan membuka posko pengaduan PPDB.

Masa aksi demonstrasi PC PMII kabupaten Bangkalan saat menyampaikan orasi

"Aksi ini, terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB), dengan penemuan mahalnya harga seragam yang diperjual belikan dioperasi sekolah yang dimasukkan dalam proses PPDB, bahkan harga seragam dijual mencapai 1.5 juta ada yang 1 juta"Sampainya.

Dalam peraturan gubernur (pergub) jawa timur tentang PPDB bab IV pasal 24 bahwa pendaftaran PPDB adalah gratis. Namun nyatanya masih ada oknum dalam proses PPDB di Bangkalan.

Kami, memilik bukti kebenaran itu, bahwa terdapat oknum kepala sekolah yang mengkoordinir dalam proses PPDB ini di kabupaten Bangkalan, teriak Samsu Hadi.

Adanya persoalan ini kepala dinas kabupaten Bangkalan untuk tidak tutup mata dan memanggil oknum kepala sekolah yang melakukan hal tersebut serta melibatkan PC PMII Bangkalan. Imbuhnya.

Dalam aksi kali ini, di temui langsung oleh PLT kepala dinas pendidikan dan kepala cabang dinas kabupaten Bangkalan.

Kedua kepala dinas yang ada di lingkungan kabupaten Bangkalan itu, menerima apa yang menjadi tuntutan PC PMII Bangkalan.

Adapun yang menjadi tuntutan dalam aksi PC PMII Bangkalan ialah.

1. Hapus kewajiban pemesanan seragam (putih abu-abu dan pramuka) di koperasi sekolah.

2. . Bilamana ada pemesanan seragam (batik, baju olahraga, wearpack) pihak koperasi harus transparan dengan harga yang wajar.

3. Cabang dinas kabupaten Bangkalan melakukan koordinasi kepada pihak sekolah agar tidak terjadi lagi (wajib memesan seragam kepada sekolah) sesuaikan dengan permendikbud no. 75 tahun 2016 pasal 12 poin (a) dan (b).

4. Cabang dinas pendidikan harus melakukan koordinasi terhadap pihak sekolah dan pihak terkait agar memfasilitasi siswa kurang mampu (Biasiswa).

5. Cabang pendidikan kabupaten Bangkalan harus membuat kebijakan kepada pihak sekolah agar membuat bener daftar harga seragam dan atribut sekolah.(HASANI/RED/23)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PC PMII BANGKALAN, DEMO DISDIK DAN CABDIN TERKAIT TRANSPARANSI PPDB DI KABUPATEN BANGKALAN" 1 Response to "PC PMII BANGKALAN, DEMO DISDIK DAN CABDIN TERKAIT TRANSPARANSI PPDB DI KABUPATEN BANGKALAN"

Posting Komentar

Tag Terpopuler