Antara Organisasi dan Prestasi

 

Potret penulis saat aktif di organisasi, doc pribadi 

SahabatLiterasi.com–Menurut Hartaji mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu atau belajar dan terdaftar pada salah satu bentuk perguruan tinggi, yang terdiri dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas.

Lebih jauh dari itu, sebagai mahasiswa, kehidupan pacsa kampus begitu kompleks dan penuh dengan tantangan. Sebagai gambaran, ketika seorang lulusan sarjana melamar pekerjaan di perusahaan yang tersohor, prestasi akademik yang diwakili dengan IPK, hanya akan mengantarkan pada lolos tahap administrasi, seleksi tahap selanjutnya akan menuntut calon pekerja memiliki jiwa leadership, kemampuan public speaking, sebagai problem solver, memiliki integritas, dan softskill lain yang memang menjadi persyaratan utama.

Adapun ketika kita ingin merintis usaha sendiri, kemampuan-kemampuan sebagai seorang pengusaha yang mampu survive tidak banyak didapatkan di kelas. Oleh karena itu diperlukan suatu wadah untuk mengasah softskill yang dibutuhkan di atas sebagai nilai tambah seorang mahasiswa. Wadah itu bisa disebut sebagai suatu organisasi, suatu wadah yang di dalamnya terdapat suatu struktur yang terorganisir dan memiliki tujuan tertentu yang ingin diwujudkan, ada pula anggapan bahwa belajar dalam kelas hanya mendapatkan ilmu 20% saja, selebihnya sebagai mahasiswa kita diharuskan mencari diluar kelas dengan upaya belajar secara mandiri atau bergabung dalam organisas dengan harapani peningkatan softskill dalam diri.

Setelah kita mengetahui bahwa organisasi itu penting, sering pula kita dengar bahwa ada seorang aktivis, yang aktif dan berpengaruh dalam suatu organisasi atau event, memiliki softskill yang mumpuni, akan tetapi dalam hal akademik, rendah. Sehingga timbul istilah, "Organisai atau Prestasi", seolah-olah antara organisasi dan prestasi sebagai dua hal yang sulit untuk disatukan. Namun hal itu tidak bisa kita benarkan karena hal itu hanya penilaian seseorang yang tidak ikut organisasi, karena faktanya kita bisa mendapatkan keduanya dengan aktif organisasi dan menggali ilmu yang ada diorganisasi sehingga kita bisa berprestasi di dalam kampus.

Punjuga, tak dapat kita pungkiri banyak orang yang ikut organisasi, ketika ditanya apa tujuan atau motivasi mereka berorganisasi, mereka menjawab untuk mencari pengalaman, networking, dan softskill. Jika kita cermati, hal-hal seperti pengalaman, networking, dan softskill itu sebenarnya adalah resiko artinya hal-hal itu sudah satu paket atau included dalam suatu organisasi yang akan didapatkan oleh orang-orang yang berkecimpung dan aktif di dalamnya.

Lebih jauh dari itu, jika kita bicara tentang kontribusi maka berorganisasi adalah untuk melatih teamwork (bekerja sama), belajar memahami dan dipahami, suatu tanggung jawab moral, sarana menyampaikan kebenaran, dan ladang ibadah. Di sisi lain jika kita bertanya apa sih prestasi itu, jawaban normatif yang mungkin muncul, menurut KBBI prestasi adalah hasil yang telah di capai dari yang telah kita sudah lakukan dan yang sudah kita kerjakan.

Bisa kita artikan pretasi disini bukan hanya tentang nilai akan tetapi ketika kita bisa bermanfaat terhadap sesama dan bisa berbagi ilmu sesuai apa yang menjadi tujuan kita.  Lebih jauh dari itu, bahwa prestasi itu jika kita selesai dengan tanggung jawab kita kemudian kita bisa berbuat lebih dan merealisasikan mimpi-mimpi kita juga memberikan manfaat bagi orang lain.

Maka kita harus bersyukur karena sudah di anugrahkan menjadi mahasiswa yang aktif dalam organisasi PMII yang sudah kita ketahui juga bahwa PMII banyak berkontribusi dalam perubahan negara dan bangsa.

Dan tak lupa pula kita sudah banyak mendapatkan ilmu lewat wadah organisasi PMII baik dari segi pengalaman dan Networking dan softskil yang mungkin semua itu tidak bisa kita dapat dalam kampus.

Yang terakhir penulis berpesan jangan lupa berproses di organisasi PMII karena jika kita masuk terhadap organisasi namun kita tidak memanfaatkan itu semua, kita akan rugi.


Oleh: Mashuri (Kader PMII STIUDA Bangkalan)

Editor: Redaksi 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antara Organisasi dan Prestasi" 1 Response to "Antara Organisasi dan Prestasi"

Posting Komentar

Tag Terpopuler