TREND!! NGABUBURIT PADA BULAN RAMADHAN, APAKAH ITU?

Image: ilustrasi gambar orang orang ngabuburi (doc istimewa)

Sahabatliterasi-Bangkalan,- Pada bulan puasa Ramadhan kegiatan ngabuburit menjadi trend orang-orang. Kegiatan ini dilakukan pada sore hari bulan Ramadhan sembari menunggu azan magrib waktunya buka puasa.

Kegiatan ngabuburit, kerap kali menjadi trend dikalangan remaja atau pemuda sekarang. Lantas apa yang dimaksud dengan ngabuburit tersebut?

Dikutip dari Detiknews. Bahasa ngabuburit adalah berasal dari bahasa Sunda yang berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit artinya bersantai sambil menunggu waktu sore.

Istilah ngabuburit juga masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang artinya menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan.

Dan kegiatan ini, biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas baik jalan-jalan, cari makanan untuk buka puasa, berkumpul, kegiatan keagamaan seperti mengaji atau hal lain sambil menunggu waktunya buka puasa.

Asal Usul Ngabuburit

Istilah ngabuburit ini sudah ada sejak era 80 an. Dan istilah ini sering digunakan oleh kalangan pemuda di tanah Pasunda terkhusus di kota Bandung, yang pada saat itu di Bandung sering mengadakan acara musik yang berjudul ngabuburit.

Acaranya juga menampilkan corak unsur islami, baik pengisi acaranya maupun penontonnya yang sama-sama menunggu waktu azan magrib untuk buka puasa bersama.

Karena kegiatan ini sering digunakan oleh remaja atau pemuda pada saat itu, akhirnya istilah ngabuburit ini menjadi trend dan viral keberbagai penjuru.

Dan istilah ngabuburit tidak hanya menjadi milik masyarakat Sunda. Diberbagai tempat sering orang orang melakukan kegiatan tersebut, juga biasa disebut dengan istilah ngabuburit.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, istilah ngabuburit menjadi trend tersendiri oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang. 

Sakak dintoh ta'enggie...!!


Oleh: Redaksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TREND!! NGABUBURIT PADA BULAN RAMADHAN, APAKAH ITU?" 1 Response to "TREND!! NGABUBURIT PADA BULAN RAMADHAN, APAKAH ITU?"

Posting Komentar

Tag Terpopuler